Susah Sembuh Dari Amandel Ini Solusinya

Susah Sembuh Dari Amandel Ini Solusinya

Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang tersapat di dalam tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Amandel sering sekali tergangu oleh penyakit bahkan tidak srdikit orang harus bulak -balik masuk rumah sakit akibat penyakit amandel.

Penyakit yang sering menyerang amandel ialah penyakit radang amandel, yang di sebabkan oleh bakteri dan virus, gejala yang di alami oleh si penderita Radang amandel adalah sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk.

Amanadel muncul saat anda menkonsumsi makanan yang tidak seharusnya anda makan, yang telah di larang oleh Dokter/Perawat pribadi anda. Terkadang kita lupa pada hal itu, entah kita terbawa hawa nafsu ketika melihat makanan yang kita lihat memgugah selera, atau mungkin kita sengaja karna tidak kunjung sembuh-sembuh dari penyakit amandel.

Tentu kedua hal itu sangat dirugikan, karna anda harus berobat dan itu membuat orang tua anda khawatir sekali, apalagi hingga harus masuk rumah sakit.

Apa saja yang menyebabkan amandel ? 

Penyebab lainnya yang menyebabkan radang amandel selain adanya virus atau bakteri adalah :

  • Faktor makanan

Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, perasa, pemanis buatan dan pewarna kimia menjadi salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan peradangan pada amandel, seperti ice cream, permen, makanan kecil yang menggunakan bahan pengawet dsb.

  • Kurangnya konsumsi vitamin C

Vitamin C sangat penting bagi tubuh. Dalam 1 (satu) hari minimal tubuh membutuhkan vitamin C sebanyak 500 mg dan di seimbangkan oleh vitamin dan komponen gizi serta nutrisi lainnya.

  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dengan selera pedas/mecin.

amandel juga sensitif terhadap makanan-makanan yang pedas serta berbau mecin/pernyedap, diantaranya : Bakso, mie ayam, cilok goang, dan masih banyak makanan lainnya

  • Kurangnya konsumsi air putih mineral setiap hari.

Diketahui tubuh membutuhkan cairan yang salah satunya berasal dari air putih yang setiap hari kita konsumsi minimal 8-10 gelas perhari atau setara dengan 1,5-2 liter perhari.

  • Kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat mau makan

Perhatian yang kurang dari sadar kebersihan ketika sebelum dan menyentuh makanan, misalnya mencuci tangan.

Susah Sembuh Dari Amandel Ini Solusinya

Terus apa saja solusinya ?

Solusinya bisa memgunakan pengobatan secara tradisional atau resep dokter (obat dokter)  misalnya pengobatan tradisional salah-satunya menggunakan :

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis dipercaya dapat menyembuhkan amandel karena mempunyai kandungan Vitamin C yang sangat banyak. Cara pengobatan :

>Sediakan 2 buah jeruk nipis dan kapur barus.

>Peraslah 2 buah jeruk nipis.

>Campurkan air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan air kapur sirih.

>Minumlah larutan ini secara teratur, kira – kira 3 kali sehari.

  • Daun Benalu

Menggunakan daun benalu yang menempel di pohon jeruk nipis dan di campur sedikit  Adas Pulo Waras. Cara pengobatan :

> Tumbuk daun benalu dan adas pulo waras sampai halus.

> Saring hasil tumbukan.

> Seduh dengan air panas.

> Minumlah air tersebut secara rutin.

  • Bawang Merah

Bawang merah tentu sering dijadikan bumbu masakan, selain itu bawang merah juga dapat dipercaya menyembuhkan radang amandel, Cara pengobatan :

> Sediakan beberapa Bawang Merah.

> Cuci bawang merah .

> Kemudian kupas Kulit luarnya.

> Lalu kunyah dan makan.

Disamping pengobatan itu, tentunya harus di dorong dalam diri anda dengan menanamkan rasa ingin sembuh, supaya pengobtannya berjalan dengan lancar da sembuh, maka dari itu anda juga harus melakukan bebrapa tips lain diantaranya :

  • Tentunya anda harus bisa menahan hawa nafsu anda dan tidak perlu menuruti kemauan hati anda pada saat bertemu dengan makanan yang tidak seharusnya anda makan (kebiasaan makanan buruk).
  • Hindari makan makanan yang bisa membuat amandel anda kambuh (makanan pedas)
  • Berobat rutin.
  • Tentunya dengan di barengi dengan berdoa serta hidup dengan pola sehat.

Nah itulah tips-tips yang anda dapat lakukan untuk menyembuhkan penyakit amandel, Mudah-mudahan bermanfaat.

 

Leave a comment